Anime No.1 Blockbusters: Your Name.

image

image

Alternative
Titles:
English:
Your Name.
Japanese:
君の名は。
Type: Movie
Episodes: 1
Status: Finished Airing
Aired: Aug 26, 2016 (Dec 7, 2016 in Indonesia)
Producers: Kadokawa Shoten, Toho, Lawson HMV Entertainment, Amuse, East Japan Marketing & Communications
Licensors: FUNimation Entertainment
Studios: CoMix Wave Films
Source: Original
Genres: Supernatural, Drama, Romance, School
Duration: 1 hr. 46 min.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

image

Mitsuha dan Taki, dua siswa SMU, tidak saling mengenal dan punya kehidupan masing-masing. Tapi suatu malam, mereka bertukar tempat. Mitsuha terbangun di tubuh Taki, dan sebaliknya. Mereka berdua harus menyesuaikan kehidupan mereka dengan kondisi baru ini.

Tapi, anehnya, semuanya berjalan lancar. Mereka menjalin hubungan dan berkomunikasi dengan saling mengirim catatan, pesan, dan juga jejak.

Ketika sebuah komet melintas di langit malam, sesuatu berubah, dan mereka saling mencari untuk mendapatkan sesuatu yang lebih. Kesempatan untuk akhirnya bertemu.

(Source: CGV Blitz)

image

Sebenernya aku lebih ingin buat Review film ini. Tangan gatel gitu. Tapi jangan deh, takutnya aku gak bisa nahan diri dan malah jadi Spoiler. Soalnya, aku sendiri rela-relain jauh dari segala bentuk Review di internet demi kenikmatan menonton. Apalagi waktu aku dapet kabar film ini tayang di bioskop Indonesia.

A Recommended Film

Seperti yang pernah aku bilang di postingan sebelumnya, film Kimi no Na wa atau Your Name. ini mendapat pendapatan besar di negeri asalnya sana. Film ini asik mejeng di No.1 box office selama berminggu-minggu! Walau sempat tergeser ke nomor 2 oleh film terbaru Death Note, tapi Kimi no Na wa berhasil merebut kembali posisinya. Alhasil film ini menduduki nomor satu selama 3 bulan.

Belakangan aku dapat kabar kalau film ini masuk pertimbangan nominasi Academy Awards (OSCAR). Hingga saat ini keuntungan film sudah mencapai 20 miliyar lebih, menjadikan film ini sebagai film nomor dua terlaris tepat dibawah Spirited Away karya Hayao Miyazaki.

Sampai detik aku menulis ini, film Your Name. berada di nomor satu Top Anime di situs anime terbesar My Anime List (MAL) dengan score 9, 37. Disusul oleh Fullmetal Alchemist: Brotherhood dengan score 9,26.

Sebuah pencapaian yang luar biasa.

A Beautiful Graphic

Semua pencapain film ini tidak hanya didukung oleh isi cerita, melainkan peran besar grafis yang diciptakan Makoto Shinkai dan Comix Wave Studios.

Pewarnaan yang membuat mata betah melihat terus-menerus, juga setiap detail yang sangat diperhatikan. Sepanjang film aku tidak habis-habisnya berdecak kagum dengan grafis nya.

Sutradara Makoto Shinkai pun memang sudah dikenal dengan ciri khas grafisnya yang amat indah. Tapi menurutku Kimi no Na wa lah yang paling sempurna.

An Epic Storyline

Awalnya film ini memang menceritakan dua remaja yang saling bertukar tubuh. Ini cukup klise bagiku. Tapi ternyata itu bukan inti ceritanya. Sepanjang film, aku tidak merasakan jalan cerita klise atau mudah ditebak. Sebaliknya, Shinkai justru mencampur aduk emosi ku dalam setiap adegan.

Sedikit curhat, aku nonton film ini beberapa hari yang lalu. Aku bersama 2 orang teman. Salah seorang temanku bahkan tidak tertarik sedikit pun dengan Anime atau Film Jepang. Tapi teman ku itu sampai menangis tersedu-sedu dan nyaris tak mau keluar dari setudio setelah filmnya usai.

Shinkai dengan grafisnya dan sebagai spesialis drama. Drama di film ini patut diacungi jempol, semuanya pas dan sangat cocok.

Great Soundtrack

Soundtrack film ini diisi oleh band rock asal jepang, RADWIMPS. Aku sendiri baru mengenal band ini setelah film ini rilis, tapi kualitasnya minta ampun.

Album Soundtrack film ini sendiri telah menempati nomor satu di beberapa nominasi musik jepang.
Lagu-lagu yang masuk dalam filmnya, yaitu:
1) Yume Tourou
2) Zen Zen Zense
3) Sparkle
4) Nandemonai ya

Aku suka keempat lagunya. Padahal biasanya aku orang yang kurang suka band vokalis cowok (atau intinya cowok nyanyi :v) tapi secara instan aku jatuh cinta ke lagu lagu itu.

And,
Secara pasti film ini jadi film Favorit aku (Aku kasih score 10 di MAL :v). Aku akan merkomendasikan film ini pada semua orang. Walau sebenernya, ada satu kekurangan yang gak terlalu penting.

Some Wrong Translation Subtitle

Ya, ada beberapa arti yang salah di film ini. Sebenernya gak terlalu ganggu, tapi ya bagi aku cukup menjengkelkan. Bukan nya aku sok atau gimana, aku cukup mahir  di bahasa jepang, dan untuk kata kata sepele seharusnya ikut diperhatikan.

Tapi yasudah lah. Itu bukan masalah besar.

Love, Taki and Mitsuha

5 pemikiran pada “Anime No.1 Blockbusters: Your Name.

Tinggalkan Balasan

